Peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit sebagai bagian dari tujuan program pembangunana kesehatan merupakan upaya yang ditetapkan untuk mencapai sasaran pembangunan. Kualitas pelayanan rumah sakit diantaranya yaitu memaksimalkan peran perawat sebagai tenaga kesehatan yang mengabdi pada masyarakat dengan upaya peningkatatan kualitas perawat (Rahmulyono, 2008). Kondisi ini menuntut perawat untuk memiliki komitmen organisasi dalam dalam menjalankan fungsinya. Salah satu cara menumbuhkan komitmen organisasi adalah dengan mengupayakan terdapatnya kepuasan kerja dalam diri perawat. Berdasarkan data ketenagaan bagian keperawatan Rumah Sakit Islam Banjarnegara 5 (lima) tahun terakhir terdapat 13 perawat keluar.
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui secara empiris hubungan antara kepuasan kerja perawat dengan komitmen organisasi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dengan membagikan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada perawat Rumah Sakit Islam Banjarnegara dengan jumlah populasi sebanyak 70 responden, dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling,dan desain penelitiann diskriptif analitik.
Hasil Uji statistik dengan chi square diperoleh nilai X kuadrat= 27,755 dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari nilai a (0,05) . Hal ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi perawat di Rumah sakit Islam Banjarnegara.
komitmen organisasi Kepuasan Kerja Perawat
Purbo Santosa. (2012). Hubungan Kepuasan Kerja Perawat Dengan Komitmen Organisasi Di Rumah Sakit Islam Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id