Latar belakang : Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi dan kesan terhadap hasil kinerja suatu produk dengan harapannya. Kepuasan merupakan fungsi dari persepsi kesan atas kinerja dan harapan. Kinerja dibawah harapan, artinya pasien tidak puas. Kinerja yang melebihi harapan, berarti pasien amat puas dan senang.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pemberian pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Metode : Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dengan pemberian pelayanan keperawatan sebagai variable bebas dan tingkat kepuasan pasien sebagai variabel terikat. Sampel penelitian berjumlah 83 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pemberi pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien. Analisa data yang digunakan adalah Rank Spearmant.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan antara pemberian pelayanan keparawatan dengan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dengan nilai p = 0,000 nilai ini lebih lecil dari nilai α = 0,05 dengan tingkat keeratan hubungan yang sangat kuat.
tingkat kepuasan Pemberian pelayanan keperawatan pasien rawat inap peserta Jamkesmas
Purwaningsih. (2014). Hubungan Pemberian Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id