Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pola Makan Keluarga Dan Perilaku Hygiene Gigi Anak Dengan Kejadian Karies Gigi Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 1 Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga

XML
Pengarang
Ragil Rakhmawati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Karies gigi merupakan penyakit kebudayaan yang telah menyebar luas dan bisa dicegah tetapi sebagian besar penduduk dunia pernah terserang penyakit ini . Karies gigi merupakan proses patologis kerusakan gigi progresif disebabkan oleh kombinasi dari faktor langsung seperti diet, host, mikroflora dan waktu yang saling mempengaruhi satu sama lain. Pada tahun 2011 jumlah penderita karies gigi di SD Negeri 1 Tegalpingen sebanyak 69,76 % dan pada tahun 2012 sebanyak 85 %, sedangkan hasil pra survey jumlah penderita karies gigi sebanyak 89,6%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pola makan keluarga dan perilaku hygiene gigi anak dengan kejadian karies gigi anak. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga.

Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional . Dengan jumlah populasi dari seluruh siswa SD Negeri 1 Tegalpingen adalah 236 anak. Sampel sebanyak 70 anak dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan metode chi-square menggunakan program SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pola makan keluarga dan perilaku hygiene gigi anak dengan kejadian karies gigi anak sekolah dasar di SD Negeri 1 Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Hasil uji statistic diperoleh nilai p Value = 0,031 (p Value < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola makan keluarga dan perilaku hygiene gigi anak dengan kejadian karies gigi anak sekolah dasar di SD N 1 Tegalpingen kecamatan Pengadegan kabupaten Purbalingga.
Karies gigi
pola makan keluarga
perilaku hygiene

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=917
APA Citation
Ragil Rakhmawati. (2013). Hubungan Pola Makan Keluarga Dan Perilaku Hygiene Gigi Anak Dengan Kejadian Karies Gigi Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 1 Tegalpingen Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/