Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Sikap Terapeutik Dalam Komunikasi Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga

XML
Pengarang
Rahayu Murfisari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Semakin tinggi sikap terapeutik dalam komunikasi yang diberikan semakin rendah tingkat kecemasan yang dialami oleh pasien. Tingkat kecemasan muncul melalui classical conditioning artinya seseorang mengembangkan reaksi kecemasan terhadap hal-hal yang telah pernah dialami sebelumnya, dan reaksi-reaksi yang telah dipelajari dari pengalamannya/ koping yang dimiliki.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan sikap terapeutik dalam komunikasi dengan tingkat kecemasan pada pasien di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga. Metode Penelitian ini menggunakkan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien yang ada di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga. Sampel yang digunakan 36 responden dengan menggunakan quota sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner sikap terapeutik dan tingkat kecemasan (HRS-A). Untuk menganalisa data dengan uji statistik uji Chi Square.

Hasil dan pembahasan penelitian data kemudian disajikan. Karena p value 0,008 < 0,05 maka Ho ditolak artinya ada hubungan sikap terapeutik dalam komunikasi dengan tingkat kecemasan pada pasien di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga. P value> 0,05 maka Ha diterima artinya tidak ada hubungan sikap terapeutik dalam komunikasi dengan tingkat kecemasan pada pasien di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga.

Kesimpulan penelitian ini adalah hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada hubungan sikap terapeutik dalam komunikasi dengan tingkat kecemasan pada pasien di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga.
Sikap terapeutik dalam komunikasi
tingkat kecemasan pasien

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=919
APA Citation
Rahayu Murfisari. (2013). Hubungan Sikap Terapeutik Dalam Komunikasi Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/