Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH LATIHAN RANGE OF MOTION (ROM) AKTIF TERHADAP FLEKSIBILITAS SENDI LUTUT PADA LANSIA DENGAN REMATIK DI BALAI PELAYANAN SOSIAL DEWANATA CILACAP

XML
Pengarang
Reki Mardi Tamelan - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Angka kejadian rematik pada lansia di Indonesia diperkirakan telah mencapai 23,6% hingga 31,3% terjadi pada lansia. Angka ini menunjukan bahwa rasa nyeri dan kekakuan pada persendian sudah sangat tinggi. Salah satu akibat dari rematik adalah berkurangnya fleksibilitas sendi lutut. Salah satu intervensi yang perlu diberikan kepada lansia dengan rematik adalah dengan latihan range of motion (ROM) aktif.

Penelitian ini akan melihat peningkatan fleksibilitas sendi lutut setelah diberikan latihan range of motion (ROM) aktif selama 2 minggu di Balai Pelayanan Sosial Dewanata Cilacap.

Penelitian ini merupakan pre eksperimen dengan one group pre dan post test design. Pengambilan sampel menggunalakan teknik purposive sampling sebanyak 8 orang lansia yang menderita rematik. Data didapatkan dari rekam medis serta pengukuran fleksibilitas sendi lutut.

Latihan range of motion (ROM) aktif kemudian diberikan sebanyak 6 kali dalam seminggu selama 2 minggu. Fleksibilitas sendi lutut diukur sebelum dan sesudah diberikan latihan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fleksibilitas sendi lutut kiri mengalami peningkatan 8,75° dengan nilai p value atau significancy sebesar 0,00 (α = <0,05) dan untuk sendi lutut kanan mengalami peningkatan sebesar 9,37° dengan nilai p value atau significancy 0,01 (α = < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan range of motion (ROM) aktif terhadap fleksibilitas sendi lutut pada lansia dengan rematik.
range of motion (ROM) aktif
fleksibilitas sendi lutut
rematik

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=933
APA Citation
Reki Mardi Tamelan. (2015). PENGARUH LATIHAN RANGE OF MOTION (ROM) AKTIF TERHADAP FLEKSIBILITAS SENDI LUTUT PADA LANSIA DENGAN REMATIK DI BALAI PELAYANAN SOSIAL DEWANATA CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/