Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Tinjauan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (Imd) Pada Ibu Bersalin Di Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara Tahun 2013

XML
Pengarang
Reni Setianingrum - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kendala yang terjadi dalam proses menyusui yang benar antara lain masih banyak ibu-ibu yang mengalami kesulitan untuk menyusui bayinya. Inisiasi menyusu dini (IMD) merupakan proses alami mengembalikan bayi manusia untuk menyusu, yaitu dengan memberi kesempatan bayi untuk mencari dan mengisap ASI sendiri, dalam satu jam pertama pada awal kehidupannya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) pada ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara tahun 2013.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel penelitian ini adalah semua ibu bersalin normal yang melakukan inisiasi menyusu dini sebanyak 35 responden. Alat ukur yang digunakan cheklist dan jenis data adalah data primer. Analisa data menggunakan analisa univariat.

Hasil penelitian menunjukan sebagian besar ketepatan cara pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah tepat sebanyak 24 responden (68,6%) dan masih terdapat yang kurang tepat sebanyak 11 responden (31,4%) dan sebagian besar ketepatan waktu Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah tepat sebanyak 22 responden (62,9%) dan masih terdapat yang tidak tepat sebanyak 13 responden (37,1%).
ibu bersalin
Pelaksanaan IMD

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=940
APA Citation
Reni Setianingrum. (2013). Tinjauan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (Imd) Pada Ibu Bersalin Di Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/