Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto.

XML
Pengarang
Resita Puji Priana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Dukungan keluarga merupakan sikap, tindakan dan penerimaan keluarga terhadap anggotanya. Anggota keluarga memandang bahwa orang yang bersifat mendukung selalu siap memberikan pertolongan dan bantuan jika diperlukan. Kecemasan adalah respon individu terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan dan dialami oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesarea di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto.

Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2014. Metode yang digunakan adalah analitik korelasi dengan rancangan penelitian cross sectional. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan consecutive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 responden pasien pre operasi sectio caesarea. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah spearman rank.

Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar pasien pre operasi sectio caesarea memiliki dukungan keluarga baik sebanyak 33 responden (67,7%) dan tingkat kecemasan pasien pre operasi sectio casesarea adalah ringan sebanyak 27 responden (52,9%). Hasil uji statistik didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (p <α) yang berarti ada hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesarea.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesarea di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto tahun 2014.
Dukungan Keluarga
Tingkat Kecemasan
Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=941
APA Citation
Resita Puji Priana. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto.. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/