Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan Tingkat Kecemasan Orang Tua Terhadap Tindakan Pemasangan Infus Dan Pengambilan Sampel Darah Pada Pasien Anak Di RSUD dr. R . Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Retno Agustiningtyas - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Berdasarkan data 10 besar penyakit bulan November 2011-Januari 2012 di Ruang Cempaka RSUD dr. R . Goeteng Taroenadibrata Purbalingga terdapat 3 kasus penyakit terbanyak yaitu Disentri,Febris Convulsi dan Febris Typoid. Dimana pada kasus tersebut dilakukan tindakan pemasangan infus dan pengambilan sampel darah. Hal ini mengakibatkan tingginya tindakan invasif di RSUD dr. R . Goeteng Taroenadibrata Purbalingga,dimana akan mengakibatkan timbulnya kecemasan pada orang tua yang anaknya di rawat di rumah sakit. Namun kecemasan yang dirasakan setiap orang tua tersebut berbeda-beda tingkatannya.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat kecemasan orang tua terhadap tindakan pemasangan infus dan pengambilan sampel darah pada pasien anak di RSUD dr. R . Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang dibagikan kepada 151 responden. Analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan Mann Whitney U.

Hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kecemasan orang tua terhadap tindakan pemasangan infus dan pengambilan sampel darah pada pasien anak di RSUD dr. R . Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dimana P value : 0,655>α : 0,05. Kecemasan tertinggi yang dihasilkan adalah kecemasan berat yaitu sebanyak 47,40 % pada pemasangan infus dan sebanyak 45,30% pada tindakan pengambilan sampel darah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada tindakan pemasangan infus dan pengambilan sampel darah pada pasien anak di RSUD dr. R .Goeteng Taroenadibrata Purbalingga tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada orang tua karena sama-sama merupakan tindakan invasif.
Tingkat Kecemasan
tindakan pemasangan infus
tindakan pengambilan sampel darah

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=944
APA Citation
Retno Agustiningtyas. (2012). Perbedaan Tingkat Kecemasan Orang Tua Terhadap Tindakan Pemasangan Infus Dan Pengambilan Sampel Darah Pada Pasien Anak Di RSUD dr. R . Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/