Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Rini Agustin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Masalah pendidikan di Indonesia, khususnya dalam program belajar yaitu tidak meratanya kualitas pendidikan. Orang tua beranggapan bahwa anak mereka setelah diserahkan kepada guru di sekolah maka lepaslah hak dan kewajibannya untuk memberikan pendidikan kepada mereka. Semua tanggung jawabnya telah beralih kepada guru di sekolah. Bahwasanya banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, salah satu diantaranya keluarga. Dalam pola asuh orang tua memegang peranan penting dalam perkembangan anak, khususnya dalam belajar agar anak dapat mencapai prestasinya di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Mersi, untuk mengidentifikasi prestasi belajar yang telah dicapai siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Mersi dan menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Mersi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Peneliti menggunakan total sampling dalam penelitian ini. Terdapat sebanyak 83 anak dan orang tua yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan instrument kuesioner dan teknik analisis data dengan uji Chi Square dengan taraf signifikansi 0,05.

Peneliti mendapatkan hasil bahwa pada siswa dengan pola asuh orang tua demokratis sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik yaitu 58 siswa (85,3%). Pada siswa dengan pola asuh orang tua otoriter sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik yaitu 6 siswa (66,7%). Sedangkan pada siswa dengan pola asuh orang tua permisif sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori cukup yaitu 4 siswa (66,7%).

Kesimpulannya, terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar yang telah dicapai siswa kelas 4 dan 5 di SD Negeri 1 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, didukung dengan hasil p-value 0,001 ≤ nilai α (0,05).
Prestasi Belajar
pola asuh orang tua

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=966
APA Citation
Rini Agustin. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/