Masalah pendidikan di Indonesia, khususnya dalam program belajar yaitu tidak meratanya kualitas pendidikan. Orang tua beranggapan bahwa anak mereka setelah diserahkan kepada guru di sekolah maka lepaslah hak dan kewajibannya untuk memberikan pendidikan kepada mereka. Semua tanggung jawabnya telah beralih kepada guru di sekolah. Bahwasanya banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, salah satu diantaranya keluarga. Dalam pola asuh orang tua memegang peranan penting dalam perkembangan anak, khususnya dalam belajar agar anak dapat mencapai prestasinya di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Mersi, untuk mengidentifikasi prestasi belajar yang telah dicapai siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Mersi dan menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Mersi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Peneliti menggunakan total sampling dalam penelitian ini. Terdapat sebanyak 83 anak dan orang tua yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan instrument kuesioner dan teknik analisis data dengan uji Chi Square dengan taraf signifikansi 0,05.
Peneliti mendapatkan hasil bahwa pada siswa dengan pola asuh orang tua demokratis sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik yaitu 58 siswa (85,3%). Pada siswa dengan pola asuh orang tua otoriter sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik yaitu 6 siswa (66,7%). Sedangkan pada siswa dengan pola asuh orang tua permisif sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori cukup yaitu 4 siswa (66,7%).
Kesimpulannya, terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar yang telah dicapai siswa kelas 4 dan 5 di SD Negeri 1 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, didukung dengan hasil p-value 0,001 ≤ nilai α (0,05).
Prestasi Belajar pola asuh orang tua
Rini Agustin. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id