Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN LIDOKAIN DAN JELLY TERHADAP RASA NYERI PADA PEMASANGAN KATETER PRIA DI IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

XML
Pengarang
Rishandi Anditya Hanggara - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang :Gangguan sistem perkemihan merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai di rumah sakit yaitu sebesar 4695 kasus dalam setahun di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto dengan jumlah pasien yang terpadang kateter sebanyak 408 pasien. Nyeri merupakan keluhan utama pada kateterisasi urin. Kateterisasi yang kurang hati-hati dapat menimbulkan lesi dan pendarahan pada uretra yang berakibat mudahnya terjadi infeksi yang bisa menimbulkan strikture uretra, dengan berbagai permasalahannya dikemudian hari. Pemasangan kateter dengan menambahkan campuran jelly dan lidokain dapat meminimalisir nyeri dan cedera pada proses pemasangan kateter.

Tujuan : Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran lidokain dan jelly terhadap penurunan nyeri pada pemasangan kateter pria.

Metode :Jenis penelitian Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan metode kohort prospektif yaitu suatu rancangan penelitian yang digunakan untuk menghitung faktor resiko dengan mengikuti kemungkinan akibatnya sebelum terjadi.

Hasil : Hasil uji statistik dengan uji mann-whitney diperoleh nilai z = 4,395 dengan nilai signifikansi 0,000 <α (0,05). Hal ini menunjukkan ada pengaruh pemberian campuran lidokain dan jelly terhadap penurunan nyeri pada pemasangan kateter pria.

Kesimpulan : Ada pengaruh pemberian campuran lidokain dan jelly terhadap penurunan nyeri pada pemasangan kateter pria. Campuran antara jelly dan lidokain dapat digunakan untuk meminimalkan rasa nyeri akibat dari pemasangan kateter.
nyeri
Pemasangan Cateter Pria
Campuran Lidokain dan Jelly

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=976
APA Citation
Rishandi Anditya Hanggara. (2015). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN LIDOKAIN DAN JELLY TERHADAP RASA NYERI PADA PEMASANGAN KATETER PRIA DI IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/