Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL DEWANATA KABUPATEN CILACAP

XML
Pengarang
Riyan Priyanto - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kehidupan lanjut usia senantiasa membutuhkan komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Interaksi sosial berpengaruh terhadap kehidupan kejiwaan lanjut usia. Berkurangnya komunikasi interpersonal antara lanjut usia dapat menyebabkan perasaan terisolir, perasaan tidak berguna, sehingga dapat menyebabkan lanjut usia menyendiri atau mengalami isolasi sosial. Seseorang yang menginjak lanjut usia akan semakin meningkat perasaan isolasinya dan kondisi ini rentan terhadap depresi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan tingkat depresi pada lansia di Balai Pelayanan Sosial Dewanata Cilacap tahun 2015.

Metode penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 responden yang terdaftar sebagai penerima manfaat di Balai Pelayanan Sosial Dewanata Cilacap. Analisa yang digunakan yaitu Spearman rank.

Hasil uji statistik spearman rank antara komunikasi interpersonal dengan tingkat depresi pada lansia di Balai Pelayanan Sosial Dewanata Cilacap diperoleh significancy sebesar 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan ada hubungan komunikasi interpersonal dengan tingkat depresi pada lansia di Balai pelayanan Sosial Dewanata Cilacap.
lansia
Depresi
Komunikasi Interpersonal

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=988
APA Citation
Riyan Priyanto. (2015). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL DEWANATA KABUPATEN CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/