Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Akseptor Kb Dengan Pemilihan Kontrasepsi Iud Di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Rizki Novitasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Intra Uterine Device (IUD) merupakan metode kontrasepsi yang memiliki efektivitas tinggi, reversibel dan berjangka panjang. Walaupun dengan berbagai keuntungannya, akseptor pengguna kontrasepsi IUD masih rendah di berbagai wilayah. Berdasarkan data BKKBN provinsi Jawa Tengah Program KB Kabupaten Banyumas Tahun 2011, menunjukkan bahwa pemakaian kontrasepsi didominasi oleh alat kontrasepsi hormonal.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan akseptor KB dengan pemilihan kontrasepsi IUD di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2013.

Metode : Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini Proportional Random Sampling, Kemudian dilakukan tehnik Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang dibutuhkan sebesar 95 akseptor KB. Jumlah sampel dari masing-masing akseptor sebanyak 6 akseptor IUD, 58 akseptor suntik, 12 akseptor pil, 16 akseptor implant, dan 3 akseptor MOW.

Hasil : Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar pengetahuan responden adalah baik sebanyak 61 responden (64,2%), sebagian besar responden tidak memilih kontrasepsi IUD sebanyak 81 responden (85,3%). Hubungan tingkat pengetahuan akseptor KB dengan pemilihan kontrasepsi IUD di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun 2013 dengan p value (0,069)>α (0,05) maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan akseptor KB dengan pemilihan kontrasepsi IUD.
pengetahuan
Pemilihan
Kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=996
APA Citation
Rizki Novitasari. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Akseptor Kb Dengan Pemilihan Kontrasepsi Iud Di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/