Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Bahaya Merokok Terhadap Frekuensi Merokok Pada Remaja Kelas IX di MTS Riyadus Sholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara

XML
Pengarang
Sareni Nur Abdillah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2018
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HAR APAN BANGSA PURWOKERTO

Skripsi, Juli 2018
Sareni Nur Abdillah, Murniati, Noor Yunida Triana
Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Bahaya Merokok Terhadap Frekuensi Merokok Pada Remaja Kelas IX di MTS Riyadus Sholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara
XVI + 57 halaman + 4 tabel + 3 gambar + 12 lampiran

ABSTRAK
Merokok telah menjadi suatu kebiasaan remaja, bahkan telah menjadi suatu kebutuhan tersendiri. Salah satu cara untuk menanggulangi merokok pada remaja yaitu dengan pendidikan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan bahaya merokok terhadap frekuensi merokok pada remaja kelas IX di MTS Riyadus Sholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara.
Penelitian ini menggunakan metode pra-exsperiment design dengan jenis rancangan one group pre test – post test design. Sampel yang diteliti adalah 44 responden dengan teknik total sampling. Analisa data pada penelitian menggunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata frekuensi merokok sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebesar 5,71 dengan standar deviasi 3,97 sedangkan sesudah sebesar 3,09 dengan standar deviasi 2,01. Uji wilcoxon diperoleh p value sebesar 0,000, artinya ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan bahaya merokok terhadap frekuensi merokok pada remaja kelas IX.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan bahaya merokok terhadap frekuensi merokok pada remaja kelas IX di MTS Riyadus Sholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara.
Diharapkan penelitian ini dapat diteliti lebih lanjut dengan menggunakan metode yang lain untuk mengurangi perilaku merokok pada remaja.

Kata Kunci : Frekuensi Merokok, Pendidikan Kesehatan, Remaja



URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2132
APA Citation
Sareni Nur Abdillah. (2018). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Bahaya Merokok Terhadap Frekuensi Merokok Pada Remaja Kelas IX di MTS Riyadus Sholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/