Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Penggunaan Permainan Elektronik Terhadap Nyeri Anak Usia Sekolah Saat Prosedur Perawatan Luka Pada Pasien Pasca Bedah Di RSUD Ajibarang

XML
Pengarang
Ns Martyarini Budi S, S.Kep, M.Kep - Personal Name
Ns.Murniati, S.Kep, M.Kep - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Jenderal Soedirman
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

Masalah keperawatan yang sering terjadi pada pasien anak post operatif yaitu nyeri pada prosedur perawatan luka. Pada pasien yang dilakukan prosedur perawatan luka diperlukan kerjasama untuk mengatasi masalah nyeri prosedur yang terjadi. Salah satunya dengan melalui intervensi keperawatan yang mengajarkan Teknik distraksi agar pasien mampu mengalihkan rasa nyeri secara mandiri. Beberapa teknik distraksi telah digunakan dalam tatanan klinik dan efeknya terhadap nyeri dan kecemasan sudah dijelaskan dalam berbagai literatur dan hasil riset, namun pembahasan tentang penggunaan electronic games untuk mengurangi nyeri sebagai salah satu Teknik distraksi pada saat prosedur perawatan luka belum pernah didapati. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari permainan elektronik terhadap nyeri pada pasien anak post bedah.
Metode penelitian ini menggunakan quasi-experimental with posttest only with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang menjalani operasi RS Ajibarang Purwokerto, dengan 12 sampel dalam setiap kelompok (kelompok kontrol dan kelompok intervensi). Untuk mengetahui perbedaan rata-rata rasa nyeri sebelum dan setelah intervensi digunakan uji statistik beda dua mean Paired T-test dengan uji hipotesis two tail dan tingkat kemaknaan 95% (α=0,05). Untuk melihat perbedaan mean tingkat rasa nyeri antara kelompok intervensi dan kontrol menggunakan uji T independent.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata skala nyeri pasien kelompok kontrol adalah 65,5 (SD 10,75) dan kelompok intervensi adalah 47,75 (SD 15,1). Pada penelitian ini ditemukan adanya perbedaan yang signifikan pada sensasi nyeri saat perawatan luka antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan p-value 0,003, sehingga distraksi dengan menggunakan permainan elektronik berpengaruh terhadap penurunan nyeri pada saat perawatan luka.

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2530
APA Citation
Ns Martyarini Budi S, S.Kep, M.Kep. (2013). Pengaruh Penggunaan Permainan Elektronik Terhadap Nyeri Anak Usia Sekolah Saat Prosedur Perawatan Luka Pada Pasien Pasca Bedah Di RSUD Ajibarang. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP